Rabu, 06 Agustus 2014

jenis-jenis Kain/Bahan jaket

Berikut jenis-jenis bahan yang sering digunakan produsen jaket dan juga Jaket Jepang. Ada berbagai macam jenis bahan jaket, jika ingin membuat jaket gunakanlah bahan yang dianggap paling sesuai dengan kebutuhan. Misalkan gunakan bahan fleece untuk daerah dingin, karena fleece bersifat menghangatkan tubuh atau gunakan bahan katun drill untuk daerah yang cukup panas, jadi fungsinya untuk melindungi tubuh terpapar matahari langsung dan menghindari bau jalanan atau bau matahari.




  • Drill Katun
bahan drill katun biasa digunakan sebagai bahan jaket yang menyerap keringat, sifatnya halus dan nyaman karena serat katunnya tinggi, cocok untuk  jaket pengendara motor yang tidak ingin kepanasan dan sekedar menghindari kulit menjadi hitam atau dijadikan jaket komunitas. Ada bermacam jenis drill yang beredar di pasaran, diantaranya American drill, Japan drill, Taipan drill dan drill jenis lain dengan nama berbeda.


contoh jaket berbahan  drill :



  •  Terry
    Bahan katun yang sangat nyaman untuk jaket atau sweater, tebal namun tidak panas karena tidak berbulu. Cocok bagi mereka yang berada di iklim tropis. Bahan ini mirip dengan Fleece, hanya serat (alurnya) lebih kecil dan lebih halus tidak berbulu. Penggunaannya hampir sama dengan bahan Fleece. Untuk serat yang lebih kecil lagi dinamakan Baby Terry.


    contoh jaket berbahan terry : 
  • Fleece

    Sama seperti terry, namun berbulu pada bagian dalamnya, sehingga menjadi lebih tebal dan lebih hangat. Cocok bagi mereka yang berada di wilayah cukup dingin.




  •  Kanvas
    kanvas adalah bahan jaket yang digunakan untuk membuat jaket-jaket kasual dan setengah resmi. Banyak jaket-jaket distro menggunakan bahan ini. Kanvas pun bermacam-macam jenisnya, dari serat dan ketebalan yang berbeda-beda. Bahan kanvas lapisan atasnya sedikit berbulu dan benang atau material ringan mudah menempel pada bahan kanvas.

     
  • High Twist
    Bahan yang terlihat mengkilap dan rapih, biasa di gunakan untuk bahan jaket, semi jas, jas, blazer dan juga celana. Namun bahan ini sedikit panas karena mengandung bahan sintetis. Di pasar Indonesia bahan high twist hadir dengan berbagai nama, merek, dan kualitas. Nama, merek atau sebutan itu antara lain Jet Black, Tiger, Sebastian, Caravelle, Intercooler, Maxi Style, Staff, Serasi, dan lainnya.
     
  • Tessa
    Bahan yang digunakan untuk bikin jaket-jaket yang semi jas dan harga serta kualitas berada di bawah jas.
  • Corduroy
    kain ini bergaris-garis, dan selain sebagai bahan jaket, corduroy juga bisa digunakan sebagai bahan celana. Bahan ini sudah jarang digunakan karena terkesan kuno. 
  • Parasit
    bahan parasit itu adalah bahan yang kedap air, namun tipis. Kurang pas digunakan biker di malam hari. 
  • Teteron sifat bahan kasar, ciri khas dari bahan ini adalah adanya serabut yang mirip garis. Tidak menyerap keringat dan panas.
     
  • Taslan bahan ini paling terkenal paling eksklusif,karena bahan ini ada sub nya yang anti air, sebenarnya bahan taslan ini banyak macamnya seperti taslan salur, taslan korea, taslan Lokal, atau taslan taslan yang lain. Taslan juga ada jenisnya yang anti air, untuk anda yang menginginkan eksklusifitas saya sarankan anda menggunakan jenis bahan jaket taslan.













    sumber : http://www.jaketjepang.com/jenis-jenis-bahan-jaket

Tidak ada komentar:

Posting Komentar